November 23, 2021

lolocosmetic.com

Langkah kaki menuju sukses

Mengupas Fitur Keselamatan Toyota Raize GR Sport, Kasta Tinggi Fitur Mumpuni

Mengupas Fitur Keselamatan Toyota Raize GR Sport, Kasta Tinggi Fitur Mumpuni

Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan kendaraan baru di segmen SUV, dimana lebih berfokus sebagai city car atau mobil perkotaan. Raize yang resmi diperkenalkan di Indonesia pada April 2021 ini memiliki dua varian mesin, yakni 1.2L serta 1.0L Turbo. Untuk varian Turbo, terdapat tipe tertinggi yakni GR Sport TSS yang mengusung fitur keselamatan mumpuni.

Raize kasta teratas ini dibekali dengan sederet fitur, salah satunya fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Dimana fitur TSS ini sebelumnya hanya dibenamkan pada mobil Toyota segmen atas seperti Corolla Cross, Corolla Altis, serta Camry. Penasaran apa saja fitur yang ada pada compact SUV ini? Simak dalam ulasan di bawah ini!

Mengenal Toyota Safety Sense (TSS)

Toyota Safety Sense atau TSS merupakan rangkaian teknologi canggih yang terdiri dari beragam fitur keselamatan kendaraan.

Terdapat beberapa fitur yang disematkan pada TSS ini, mulai dari Adaptive Cruise Control, Pre-Collision System, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Alert with Steering Control, Pedal Missoperation Control, serta Blind Spot Monitor.

Teknologi canggih ini dikembangkan Toyota agar dapat mengurangi potensi bahaya ketika berkendara, baik bagi pengemudi maupun para penumpang. Fitur TSS juga dilengkapi sensor laser dan teknologi kamera dengan 4 sistem kerja.

Adaptive Cruise Control

Fitur canggih Cruise Control merupakan teknologi teranyar yang memiliki fungsi mengatur kecepatan mobil, sehingga kendaraan tetap dalam kondisi stabil meskipun pengemudi tidak menginjak pedal gas.

Dewasa ini Cruise Control dikembangkan menjadi Adaptive Cruise Control, berfungsi untuk menyesuaikan kecepatan serta jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan mobil. Sehingga ketika kendaraan di depan mobil Anda mengurangi kecepatan secara tiba-tiba, maka kecepatan mobil Anda pun akan berkurang meskipun tidak menginjak pedal rem.

Sistem canggih ini diatur dan bekerja dengan kamera serta radar yang terpasang pada sisi depan kendaraan. Kamera serta radar tersebut dapat mendeteksi jarak dan juga mengatur laju kecepatan kendaraan.

Pre-Collision System

Tak heran banyak konsumen yang tertarik untuk kredit Raize atau meminang SUV kecil satu ini secara kontan, karena adanya fitur Pre-Collision System yang disematkan pada kendaraan kompak ini. Sistem canggih ini bekerja dengan menggunakan sensor untuk dapat mendeteksi kondisi rawan atau bahaya, contohnya ketika kendaraan keluar dari jalur, atau adanya potensi tabrakan.

Ketika mobil dalam keadaan bahaya namun pengemudi tidak menyadarinya, secara otomatis sensor Pre-Collision System akan bekerja dan melakukan pengereman untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Tak hanya berfokus pada rem, karena sistem ini juga dapat mengurangi tekanan akselerasi kendaraan.

Rear Cross Traffic Alert

Pabrikan Toyota juga menyematkan fitur Rear Cross Traffic Alert pada Raize, dimana berfungsi untuk membantu pengemudi mendapatkan informasi terkait objek bergerak yang berada di belakang kendaraan. Bahkan teknologi ini juga dapat menghentikan kendaraan Anda ketika melakukan manuver mundur, apabila terdeteksi adanya objek di belakang mobil.

Lane Departure Alert with Steering Control

Selanjutnya ada fitur Lane Departure Alert with Steering Control, yang dapat memberikan peringatan ketika mobil melakukan pergerakan menjauh dari posisi seharusnya. Adanya sensor kamera memungkinkan pengemudi untuk membaca marka jalan, baik marka berwarna kuning atau putih yang terintegrasi dengan Steering Control.

Pedal Missoperation Control

Sesuai namanya, sistem satu ini dirancang khusus untuk mencegah terjadinya tabrakan depan ketika pengemudi sedang memarkir kendaraan. Contohnya ketika pengemudi yang seharusnya menginjak pedal rem justru menginjak pedal gas, fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi dalam bentuk suara serta tampilan pada panel instrumen.

Blind Spot Monitor

Fitur satu ini dapat membantu pengemudi untuk mengetahui adanya objek yang berada di blind spot area atau titik buta, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Pasalnya area tersebut merupakan area rawan karena tidak terlihat oleh mata pengemudi.

Tertarik Meminang Toyota Raize GR Sport, Waktu Inden Berapa Lama?

Jika dahulu calon pemilik harus menunggu hingga 9 bulan untuk dapat memiliki SUV kompak ini, kini hanya perlu menunggu 1,5 hingga 2 bulan saja agar dapat memiliki Toyota Raize GR Sport.

Berbicara tentang harga Raize GR Sport TSS, berada pada kisaran Rp 263 jutaan untuk single tone dan Rp 265 jutaan untuk two tone.

Setelah mengulas fitur keselamatan pada Toyota Raize GR Sport, apakah Anda semakin tertarik untuk memilikinya?