October 20, 2021

lolocosmetic.com

Langkah kaki menuju sukses

Cara Buat Cappuccino Sehat di Rumah

Cara Buat Cappuccino Sehat di Rumah

Ada banyak varian rasa kopi di zaman sekarang ini. salah satu yang masih menjadi favorit banyak orang dari dulu hingga sekarang yaitu kopi cappuccino. Kopi dengan topping susu dan buih susu yang nikmat membuat rasa kopi lebih soft, cocok untuk mereka yang tidak terlalu menyukai rasa kopi yang terlalu berat. Jika membuat kopi di rumah, Anda bisa mencoba cara buat cappuccino sehat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana.

Kandungan Nutrisi Dalam Cappuccino

Cappuccino merupakan minuman kopi yang dibuat dengan menambahkan susu steamed ke dalam espresso kemudian bagian atasnya dilapisi dengan buih susu yang tebal. Tidak seperti espresso yang hampir tidak bergizi, secangkir cappuccino mengandung banyak nilai gizi tambahan yang berasal dari susu, termasuk kalori, lemak, dan karbohidrat.

Tentu saja nutrisi dalam kopi ini bergantung pada jenis susu yang digunakan nantinya. Satu cangkir berukuran Tall (12 oz.) cappuccino dengan kandungan susu full-fat dapat mengandung 110 kalori, 6g lemak atau 4g lemak jenuh, dan 6g protein. Secangkir cappuccino Tall yang menggunakan susu tanpa lemak mengandung 90 kalori dan 7g protein.

Rempah-rempah seperti kayu manis dan pala kadang juga ditambah ke dalam secangkir kopi untuk meningkatkan cita rasa kopi. Namun, rempah-rempah ini biasanya tidak memberikan tambahan kalori pada kopi yang Anda minum. Jadi pembuatan kopi juga tergantung pada cara buat cappuccino, menggunakan jenis susu apa.

Sedangkan apabila Anda menambahkan gula atau krimer pasti akan meningkatkan kalori dan kandungan lemak pada kopi Anda. Kandungan kafein rata-rata secangkir kopi Tall adalah 75 mg. Meskipun kopi ini bukan minuman yang penuh dengan gizi, kopi ini kaya akan vitamin A, zat besi, dan kalsium. Karena kopi ini mengandung susu sehingga membuat secangkir kopi cappuccino menjadi lebih bergizi, tetapi memang tidak terlalu banyak.

Secangkir cappuccino berukuran Tall dengan susu kedelai tanpa gula memiliki kandungan 6% dari total rekomendasi vitamin A, 16% kalsium, dan 3% zat besi. Apabila Anda mengonsumsi cappuccino yang menggunakan susu tanpa lemak, terdapat kandungan 9% vitamin A dan 20% kalsium dari total kebutuhan harian.

Sedangkan segelas cappuccino dengan susu full-fat mengandung 5% vitamin A dan 23% kalsium dari total kebutuhan harian. Lalu, untuk membuat cappuccino yang sehat disarankan untuk memilih susu rendah lemak atau bisa juga menggantinya dengan susu kedelai atau susu almond yang lebih ramah dengan pencernaan. Menggunakan susu ini juga lebih sehat karena rendah lemak dan rendak kalori.

Cara buat cappuccino sebenarnya mudah-mudah susah. Perlu mengetahui teknik penuangan, suhu, dll sehingga banyak yang akhirnya lebih memilih pergi ke cafe dan memesan kopi pilihan mereka. Padahal sebenarnya Anda bisa menikmat secangkir cappuccino setiap hari di rumah dengan menggunakan mesin Nescafe Dolce Gusto hanya dengan memasukkan kapsul kopi saja.