May 21, 2022

lolocosmetic.com

Langkah kaki menuju sukses

5 Jenis Sayur untuk MPASI yang Kaya Zat Besi

5 Jenis Sayur untuk MPASI yang Kaya Zat Besi

Dalam mempersiapkan MPASI untuk bayi, jelas orang tua harus memperhatikan kandungan gizinya dengan sebaik mungkin. Sayur merupakan salah satu komponen penting yang harus masuk ke dalam MPASI karena mengandung banyak gizi penting untuk pertumbuhan bayi. Pilihan jenis sayur untuk MPASI juga harus dipikirkan dengan baik agar gizi yang masuk ke tubuh si kecil lengkap dan seimbang.

Sayur Kaya Zat Besi

Salah satu zat gizi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi adalah zat besi. Zat besi akan membantu memperkuat imunitas tubuh dan memperlancar proses pertumbuhan bayi. Ada beberapa jenis sayur yang diketahui mengandung zat besi dalam kadar tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk bayi. Berikut adalah 5 pilihan sayur tersebut:

1. Bayam

Pilihan pertama adalah bayam yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan MPASI. Dalam 100 gram bayam diketahui terdapat kandungan zat besi sebanyak 2,7 mg. Bahan sayuran ini juga punya banyak kandungan mineral seperti kalsium, asam folat, juga sodium yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Pengolahan bayam juga tergolong mudah dan cocok untuk disajikan sebagai MPASI sejak usia 6 bulan.

2. Brokoli

Berikutnya ada brokoli yang juga diketahui punya kandungan zat besi tinggi. Setiap 100 gram brokoli diketahui memiliki kandungan zat besi 0,7 mg. Namun perlu diketahui bahwa brokoli memiliki rasa yang cukup sulit diterima oleh bayi. Anda harus berusaha sebaik mungkin mengolah dan menyajikan brokoli agar rasanya mudah dicerna oleh si kecil.

3. Kangkung

Anda juga bisa menggunakan kangkung sebagai salah satu pilihan sayur untuk MPASI yang kaya kandungan zat besi. Kangkung ini sangat mudah ditemukan dan harganya juga relatif terjangkau. Dalam 100 gram kangkung diketahui ada 1,7 mg zat besi. Selain itu kangkung juga punya kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

4. Kentang

Bahan sayuran kaya zat besi berikutnya adalah kentang. Bahan makanan ini paling populer dijadikan sebagai bahan MPASI karena rasanya cenderung mudah diterima oleh bayi. Kentang juga tergolong mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Bahan ini bisa jadi rekomendasi alternatif karbohidrat saat bayi mulai bosan mengonsumsi nasi.

5. Kale

Berikutnya ada kale yang juga cocok sekali digunakan sebagai bahan MPASI. Kale sendiri masih satu keluarga dengan bayam dan rasanya juga mudah diterima oleh bayi. Selain kaya zat besi, kale ini juga mengandung banyak zat gizi penting lainnya seperti kalium, kalsium, asam folat, vitamin C, juga fosfor.

Itulah tadi 5 pilihan jenis sayur untuk MPASI yang kaya akan zat besi. Pastikan untuk memberi si kecil pilihan MPASI dengan bahan sayur yang berbeda-beda agar ia tidak bosan. Selain itu selang-seling bahan makanan juga akan membantu kebutuhan gizi si kecil terpenuhi secara optimal.